RSS














Tips Untuk Menjaga Tulang Sehat Dan Kuat

Advertisement
[Gardens Tips] Tulang adalah bagian terpenting dari tubuh kita. Bayangkan jika tulang ditubuh kita tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Tentunya kita tidak akan bisa melakukan semua aktifitas. Atau lebih dikenal dengan sebutan lumpuh.

Banyak sekali masalah yang bisa menjangkiti tulang kita, dimulai dari tulang yang kropos, hingga pertumbuhan tulang yang tidak sempurna. Untuk itu, dalam hal ini, disarankan bagi ibu-ibu yang memiliki anak-anak di masa pertumbuhan, alangkah baiknya memperhatikan gizi atau asupan yang penting bagi tulang mereka. Karena masalah tulang ini tidak hanya akan menimpa pada usia lanjut, namun pada anak-anak pun bisa terjadi.


Mempunyai tulang yang sehat dan kuat merupakan keinginan banyak orang. Untuk itu, sebisa mungkin kita harus menjaganya dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan pola hidup yang sehat pula.


Nah, sahabat Gardens Tips, dalam tips kesehatan kali ini saya ingin berbagi beberapa Tips Untuk Menjaga Tulang Sehat Dan Kuat. Silahkan di simak berikut ini:

1. Meningkatkan Kekuatan Tulang dengan cara Bergerak
Anda juga dapat meningkatkan kekuatan tulang dengan cara latihan beban. Karena dengan Anda meregangkan otot maka akan meningkatkan pertumbuhan tulang. Sebuah penelitian telah menyebutkan jika tidak berolahraga, maka akan menyebabkan tulang kita lebih sulit untuk menjadi padat dan lebih besar. Untuk itu disarankan seringlah berolahraga.

2. Mengkonsumsi Vitamin D
Anda dapat menjaga kekuatan dan kesehatan tulang dengan mengkonsumsi ikan salmon dan sardin. Karena pada kedua ikan tersebut banyak kandungan Vitamin D, jika Anda cukup mengkonsumsi Vitamin D, maka tulang anda akan menjadi lebih kuat dan sehat. Karena jika kekurangan Vitamin D, tubuh sulit untuk menyerap kalsium dengan baik dan menyebabkan tulang menjadi lemah dan mudah kropos.

3. Jangan Terlalu Stres
Usahakan jangan terlalu stres, karena saat anda mengalami stres tinggi maka akan membuat tubuh Anda memproduksi hormon kortisol, yaitu hormon yang dapat menyebabkan hilangnya masa tulang. Sehingga hal ini akan membuat Anda mengalami osteoporosis.

Osteoporosis

4. Berjemur Sinar Matahari di Pagi Hari
Anda juga dapat mendapatkan Vitamin D dengan cara berjemur dibawah paparan sinar matahari pagi. Setiap kali anda berjemur selama 10 menit maka akan dapat mengurangi resiko terjadinya patah tulang sebesar 30 persen dan waktu yang tepat untuk berjemur adalah jam 7 hingga jam 9 pagi.

5. Hindari Merokok dan Minum Alkohol
Bahaya merokok sangat banyak, salah satunya adalah untuk kesehatan tulang. Orang yang suka merokok biasanya mempunyai tulang yang rapuh atau kropos. Sedangkan untuk orang yang suka minum alkohol yang melebihi dari tujuh macam minuman selama satu minggu maka akan menyebabkan tulang tidak dapat menyerap nutrisi dari dalam makanan dengan baik. Sehingga kedua hal ini akan menyebabkan tulang anda menjadi kropos dan tidak sehat.

Itulah, beberapa Tips Sederhana Untuk Menjaga Tulang Sehat dan Kuat yang bisa Anda lakukan sehari-hari di sela-sela kesibukan Anda. Ingatlah, tulang adalah bagian yang teramat penting bagi tubuh kita. Tanpa tulang tubuh kita akan loyo dan tentunya tidak bisa melakukan aktifitas apapun. Apakah Sahabat Gardens Tips ingin seperti itu? Tentunya tidak bukan. Maka dari itu, yuk kita jaga kesehatan tulang kita mulai dari sekarang...

Happy Saturday... :D



Referensi: Tips Tutorial

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

9 komentar:

Penghuni 60 mengatakan...

waduh, iya nih, aku jd jarang berolahraga Fit.. makanya aku merasakan tulang2 sendiku pada nyeri nih... apa itu gejala osteoporosis ya, aduuh, jgn sampe deh..

Muh Hendrik mengatakan...

Waah ngeri juga ya ternyata merokok juga bisa menyebabkan tulang rapuh dan keropos. Padahal anak usia muda sekarang yang lagi masa pertumbuhan sudah banyak jg yang kecanduan merokok

Muhammad Adam Hussein, S.Pd mengatakan...

Untungnya saya selalu aktif berolahraga apalagi jalan kaki itu bagus buat kekuatan kaki.

Makasih mbak ulasannya!

Cara Hidup Sehat mengatakan...

terimakasih atas artikelnya, artikelnya bagus dan sangat bermanfaat.

Penginapan Dekat Bandara Syamsudin Noor mengatakan...

wow,, mantap bener artikelnya gan. thanks ya.. sangat bermanfaat..

Aully Bukan mengatakan...

Kyaknya saya jarang mengkonsumsi Vitamin D deh..tapi dengan berjemur aja udah dapat Vitamin D kan ^_^

Cara Ririn mengatakan...

sangat mcerahkan mbak artikelnya, untuk menjaga tulang kita, terutama agar kita membiasakan diri untuk berolahraga ya :)

Fitriyana [Gardens Tips] mengatakan...

@Penghuni 60:
waduh, knp mas wawan gak suka olahraga ya?

@Muh Hendrik:
iya mas, makanya jgn coba2 merokok deh kalo blm kenal ama rokok

@Muhammad Adam Hussein, S.Pd:
yup, bnr bgt mas Adam, jalan kaki jg olahraga

@Cara Hidup Sehat:
sama2 sob..

@Penginapan Dekat Bandara Syamsudin Noor:
sama2 mas Syamsudin

@Aully Bukan:
betul jg sih mas, tp emangnya mas mau berjemur trs ya tiap hari? :)

@Cara Ririn:
iya mbak, jgn sampe kita malas, nanti tulang2 kita jd kaku, nah skrg aku udh ganti foto nih mbak, gmn?

Wahyu Eka Prasetiyarini mengatakan...

cantik mbak foto nya, keren kaca mata nya bersaing sama saya wkwkwk :D

Posting Komentar