RSS














Tips Resep Membuat Tahu Gejrot Kuliner Khas Cirebon

Advertisement
[Gardens Tips] Mendengar namanya yang unik saja sudah pasti membuat banyak orang bertanya-tanya, apa itu tahu gejrot? Rasanya yang pedas, asam, manis, memang bikin orang ketagihan. Bagi kalian yang suka berburu kuliner, jika kalian melewati daerah kota Cirebon, janganlah lupa untuk mencicipi makanan khas tahu gejrot ini.

Tahu gejrot adalah makanan khas kota Cirebon. Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan kuah yang bumbunya cabe, bawang merah, serta gula. Biasanya disajikan di layah kecil. atau coet, makanan ini terasa sangat enak sekali kalau sudah menyentuh di lidah. Rasa kuahnya yang khas pasti akan selalu membuat penasaran para pembelinya.


Apalagi ditambah dengan cara penyajiannya yang terbilang unik serta alami, dimana tahu yang rasanya tawar ini disajikan di atas sebuah alas berbentuk piring kecil yang terbuat dari tanah, atau lebih sering disebut coet. Cara makannya pun dengan menggunakan tusukan kecil yang terbuat dari bilah bambu layaknya tusukan sate.


Mulanya, bumbu bawang merah serta bawang putih dan cabe diulek di atas coet seperti layaknya membuat sambal, kemudian tahu yang rasanya tawar itu dicampur ke dalam ulekan bumbu tersebut, di aduk sebentar lalu di siramlah kuah kecap yang sudah tersedia ke atas tahu. Kuah cair kecap manis inilah yang akan membuat cita rasa yang khas tahu gejrot yang tidak akan pernah terlupakan oleh lidah kita. Apalagi ditambah dengan rasa bawangnya yang mantap serta cabenya yang pedas, membuat tahu gejrot ini benar-benar masakan yang istimewa bagi kota Cirebon.

Nah, bagi sobat Gardens Tips yang ingin mencoba membuat sendiri masakan ini di rumah, berikut ini saya berikan Tips Resep Membuat Tahu Gejrot:

Tips Resep Membuat Tahu Gejrot Khas Cirebon :

Bahan:
24 buah tahu sumedang goreng, potong-potong kecil

Untuk Kuah:
4 sdm air asam jawa
2 sdm kecap manis
350 ml air
150 g gula merah, sisir
1 sdt garam

Bumbu yang ditumbuk kasar:
10 butir bawang merah
6 buah cabai rawit hijau
5 siung bawang putih

Cara Membuat:
Kuah:
Didihkan semua bahan. Angkat kemudian Saring.

Penyajian:
Ambil 1 buah piring saji.
Letakkan 1 sdm bumbu kasar, tuangi kuah. Tambahkan potongan tahu.
Sajikan untuk 6 porsi

Kalori per porsi: 281 kal

Semoga Tips Resep Membuat Tahu Gejrot Kuliner Khas Cirebon ini bermanfaat untuk sobat yang ingin mencicipi tahu gejrot ini namun belum sempat mampir ke kota Cirebon.

Happy Friday.. :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

11 komentar:

Agung Kharisma mengatakan...

pertamanya :)
bahas resep tahu gejrot nih. Makanan lokal ini emang enak banget min.
http://dailybloggerpro.blogspot.com/2013/10/7-tips-teruji-mendapatkan-ide-menulis-blog.html

Penghuni 60 mengatakan...

hmmm, ini sih cemilan favoriteku Fit..
^_^

Peluang Usaha Online Oke mengatakan...

mau donk tahu gejrotnya :D
itu sejarahnya gmn bisa diberi nama tahu gejrot?

Agung Kharisma mengatakan...

wah mba fitri kemana ya? temen-temannya udah rame nih pengen ngobrol di kotak komentar. hehe. :)
fitri sendiri suka makan tahu gejrot nggak?

Customers1 mengatakan...

hmm, tp aku gak terlalu suka bawang, apalagi bawangnya gak mentah kan?

Customers1 mengatakan...

maksudku bawangnya mentah kan? hehe, slh ketik

Sukma Faiz Wahyudhi mengatakan...

ternyata mbak fitri suka tahu gejrot ya? BTW, tinggal di Cirebonnya dimana? main ke empangku mbak, biar skalian mkn tahu gejrot plus pecel lele.. hehe

ini QiiNoY mengatakan...

Bagi donk tahu gejrotnya , , , , :D

mampir di blogg q yaaa . . . .

Intan Sudibjo mengatakan...

wah ada khas cirebon juga yah tahu gejrot, padahal saya suka bikin sendiri tuh tahu gejrotnya, pastinya dengan bahan seadanya :) hehe

Cara Ririn mengatakan...

kelihatan nya enak mbak, tapi saya nggak bisa bikin sendiri hehehe ^^

Khasiat Putih Telur mengatakan...

wah kelihatanya enak tu, ntar coba bikin sendiri dah.. :D

Poskan Komentar