RSS














Tips Usaha Berhenti Merokok

Advertisement
[Gardens Tips] Merokok itu sangat merugikan kesehatan kita. Namun bagi yang sudah terperangkap, itu sangat sulit sekali untuk berhenti. Tapi jika di dorong dengan keinginan yang kuat, apapun bisa saja terjadi. Jangankan untuk berhenti merokok, berhenti dari kecanduan narkoba juga bisa. Semua itu tergantung dari niat kita masing-masing, serta kesungguhan kita secara pribadi.

Pada dasarnya perokok ingin berhenti dari kebiasaan yang sulit terpisahkan dari hidupnya. Mereka sadar, merokok tak hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga orang sekitarnya. Seringkali usaha berhenti merokok berakhir sia-sia. Namun ada beberapa langkah simple bagi Anda supaya bisa berhenti merokok.


1. Ketahui Alasan Tepat Anda 

Tidak cukup baik menjadikan “karena itu buruk bagi Anda” sebagai alasan berhenti merokok. Anda perlu motivasi pribadi yang kuat, semacam keinginan melindungi keluarga Anda dari asap rokok. Anda bisa pula berfikir kanker paru-paru sebagai sesuatu yang menakutkan Anda. Bisa juga alasan sederhana seperti keinginan terlihat lebih muda. Pilih alasan kuat daripada keinginan Anda untuk menyalakan rokok.

2. Jangan Plin Plan 

Mudah membuang rokok lalu mendeklarasikan diri telah berhenti. Sangat polos dan sederhana. Cuma jangan seperti itu. Karena 95 persen orang yang mencoba berhenti merokok tanpa terapi gagal. Alasannya, nikotin menyebabkan ketergantungan. Otak terbiasa dengan nikotin dan haus akan senyawa itu.

3. Coba Terapi Pengganti Nikotin 

Pecandu rokok akan merasa frustasi, depresi, gelisah dan marah kala tidak mendapat asupan nikotin. Terapi pengganti nikotin membantu mengurangi perasaan ini. Studi menunjukkan permen karet nikotin, lozenges, dan patches dapat membantu melipatgandakan peluang Anda untuk berhenti merokok. Pasalnya umumnya tak dianjurakan mengkonsumsi produk ini sembari merokok.

4. Ketahui Resep Obat 

Datang ke dokter dan minta resep obat. Ketahui cara yang memudahkan penarikan nikotin memakai produk yang tak mengandung nikotin. Ada pil dari bahan kimia yang membantu mengurangi ketagihan pada otak. Sebaiknya jangan pergi ke dokter sendirian.

5. Nyatakan kepada Orang Dekat 

Keputusan Anda berhenti merokok sebaiknya diutarakan kepada teman, keluarga, dan rekan kerja. Mereka bisa mendorong Anda agar bisa membuat perbedaan. Anda bisa bergabung dengan kelompok pendukung atau berbicara dengan konselor. Terapi perilaku adalah jenis konseling yang membantu identifikasi dan memberi cara berhenti merokok. Peluang Anda berhasil berhenti merokok kian besar dengan gabungan antara terapi perilaku dan produk pengganti nikotin.

 6. Kelola Stres 

Lebih rileks merupakan satu dari berbagai alasan merokok. Nikotin dianggap membantu. Niat Anda berhenti merokok harus diikuti cara lain mengatasi stres. Anda bisa yoga atau mendengarkan musik. Anda harus bisa menghindari stres dalam beberapa pekan setelah memutuskan berhenti merokok.

7. Hindari Alkohol dan Pemicu Merokok Lain 

Keinginan merokok bisa ditingkatkan oleh kegiatan tertentu. Alkohol menjadi pemicu yang paling umum. Maka hentikan konsumsi alkohol. Cuma kalau pemicunya kopi, Anda bisa beralih ke teh selama beberapa pekan. Anda juga harus mencoba menghentikan kebiasaan merokok setelah makan dengan menyikat gigi atau mengunyah permen karet.

Nah, tidak ada salahnya Anda mencoba ketujuh tips di atas, semoga berhasil... ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

6 komentar:

Penghuni 60 mengatakan...

wah, setuju bgt, merokok itu gak ada manfaatnya

Fitriyana [Gardens Tips] mengatakan...

@Penghuni 60:
iya mas :)

WickedGuts mengatakan...

visit and follow me back :D
http://wickedguts.blogspot.com

Kumpulan Desain Grafis | Andy Desain mengatakan...

berhenti merokok sungguh menyiksa saya,, jujur saya perokok berat udh dari kelas 6 SD. berkali2 mencoba tapi gagal terus,, ntar saya akan coba menerapkan tips diatas, semoga berhasil.. thanks ya.. :)

Fitriyana [Gardens Tips] mengatakan...

@WickedGuts:
sori, I not follow porn site :P

@Kumpulan Desain Grafis | Andy Desain:
jgn nyerah sob, intinya sih kesembuhan itu ada pada niatmu utk berhenti, karena jika sudah niat pasti akan menimbulkan sugesti yg trs menerus mendorong utk membantumu berhenti merokok.
coba lagi dan lagi ya... :)

windakurnia mengatakan...

setuju... merokok itu buang duid dan cari penyakit.. kasihan juga perokok pasifnya...

Posting Komentar