RSS






Tips Merawat Kesehatan Mata

Advertisement
[Gardens Tips] Mata merupakan salah satu panca indera kita yang paling vital. Untuk itu kita perlu merawat kesehatannya dengan sebaik-baiknya. Sebab, jika kita tidak bisa merawat kesehatan mata kita, lalu mata kita sakit, pasti akan terasa dampaknya pada tubuh kita yang lain. Apalagi sampai-sampai kita harus kehilangan mata kita, wah, itu berakibat sangat fatal sekali. Tanpa mata hidup kita tidak akan berarti sama sekali.

Oleh karena itu, kita harus memperhatikan kesehatan mata kita. Banyak cara yang bisa kita lakukan agar kita bisa menjaga kesehatan mata kita. Meskipun, mata merupakan salah satu panca indera yang cukup sulit untuk dirawat. Sehingga tidak sedikit orang lupa merawat mata mereka. Pada akhirnya, tidak sedikit juga orang harus bergantung kepada kacamata, bahkan sejak masih muda. Namun, perlu diketahui, merawat mata sebenarnya tidaklah sulit, hanya saja bagi sebagian orang, terlalu menganggap sepele, dan bahkan tidak menghiraukannya sama sekali.


Anatomi Mata Kita

Nah, bagi sahabat Gardens Tips, yang hendak melakukan perawatan mata, berikut ini adalah tips untuk menjaga kesehatan mata, cobalah:

1. Perbanyak konsumsi makanan hijau


Makanan hijau (sayur) merupakan hal pertama yang harus diingat demi menjaga mata. Makanan seperti sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kacang hijau dan kubis mengandung beragam mineral, lutein, dan zeahanthi. Ketiga zat ini sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, makanan ini juga mengandung antioksidan yang mengurangi resiko degenerasi makula dan katarak.

2. Konsumsi makanan bervitamin A

Perbanyak konsumsi Vitamin A. Vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan dapat mencegah penyakit rabun senja, katarak dan penglihatan kabur. Vitamin A dapat diperoleh pada wortel, seledri, melon, ubi jalar, bayam dan kubis.

3. Perbanyak konsumsi makanan berzat besi

Percaya atau tidak, makanan yang mengandung zinc dan selenium juga baik untuk mata. Zat ini berfungsi memerangi radikal bebas yang dapat berdampak buruk pada kesehatan mata. Zinc dapat diperoleh dari susu, ikan tuna, nasi dan daging.

4. Berikan waktu istirahat pada mata


Bagi para pekerja, terutama pekerja di depan komputer, sebaiknya istirahatkan mata anda 15 sampai 20 menit setelah beberapa jam. Selain mengurangi stress, istirahat juga menjaga agar mata tidak kering.

5. Olahraga

Meskipun sulit, apalagi Anda seorang pekerja keras, sebaiknya tidak meremehkan olahraga. Olahraga baik untuk kesehatan. Dengan tubuh dan jiwa yang sehat, Olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan Anda, terutama kesehatan mata.

Saya rasa, jika kalian menerapkan kelima Tips Merawat Kesehatan Mata yang singkat di atas secara rutin, insya Allah, kesehatan mata kalian akan benar-benar bisa terjaga.

Ingatlah, bahwa mata itu adalah jendelanya keindahan dunia. Bayangkan, jika kalian berada dalam ruangan tanpa satupun jendela... Gelap bukan?

Sedangkan bagi kaum hawa, mata juga merupakan perhiasan bagi kecantikan wajah, bukankah cinta itu datang dari mata lalu turun ke hati?

Happy Tuesday... :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

5 komentar:

Rahasia Hidup Sehat mengatakan...

Memang betul sob dengan banyak mengkonsumsi makanan hijau selain bagus untuk mata juga tentunya bagus buat kesehatan tubuh, makasih tipsnya sob sangat bermanfaat :)

Fitriyana [Gardens Tips] mengatakan...

@Rahasia Hidup Sehat:
sangat setuju sekali dgn komenmu sob, trima ksh ya sudah mampir..
:D smoga tips ini bs bermanfaat utk semua

Penghuni 60 mengatakan...

aku setuju denganmu Fit, kalo mata itu adalah jendelanya kehidupan dunia. tanpa mata memang dunia ini akan gelap gulita. tp alhamdulillah sampe saat ini aku blm pake kacamata, meskipun sudah min sedikit.. :)

Muhammad Adam Hussein, S.Pd mengatakan...

Betul juga mbak, sayuran lebih bagus apalagi karena warna hijaunya sebagai terapi mata.
Wortel juga itu baik, saya juga kena minus jadinya sering juga jus wortel.

Jangan lupa kunjung balik ya?

Halodok.com mengatakan...

Kesehatan mata memang perlu dan harus selalu dijaga, apa lagi sekarang ini banyak gadget dan tentunya layar lcd memberikan dampak buruk terhadap mata jika terlalu sering melihat layar.

Posting Komentar