RSS






Tips Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Advertisement
[Gardens Tips] Rambut adalah mahkota kepala. Jadi setidaknya usahakan rambut kita itu selalu terlihat indah, tidak hanya di mata kita sendiri, tapi juga di mata orang yang memandangnya. Namun, apa jadinya jika ternyata rambut kita bermasalah dengan ketombe.

Rambut yang berketombe seringkali membuat kita menjadi minder, dan tidak percaya diri. Apalagi bagi kita yang menyukai berpakaian warna hitam. Karena jika kita memakai pakaian berwarna hitam, ketombe akan terlihat jelas sekali bertebaran di baju kita. Apa itu tidak akan membuat kita merasa malu?


Ketombe terjadi karena mengelupasnya sel-sel di kulit kepala yang sudah mati namun pengelupasan ini terjadi secara tidak normal atau berlebihan, dan jika ketombe semakin banyak akan menimbulkan rasa gatal di sekitar lapisan kulit kepala sehingga membuat kita sering menggaruk kulit kepala dan mengakibatkan kulit kepala menjadi iritasi dan kemerahan. Kalau sudah seperti ini, lebih parah lagi jadinya.

Untuk itu sebisa mungkin kita harus memberantas keberadaan ketombe itu. Lalu bagaimana caranya?

Sebenarnya, menghilangkan ketombe bisa dengan menggunakan shampoo. Shampoo yang beredar dipasaran sudah banyak yang memproduksi shampoo anti ketombe namun produk tersebut biasanya hanya mengatasi gejalanya saja jadi tidak mengatasi sumber penyebabnya, dan bahan shampoo yang digunakan biasanya mengandung belerang, zinc pyrithione, coal tar, selenium sulfida dan asam salisilat.

Jika ketombe anda masih tergolong ringan, anda bisa meminimalisir ketombe dengan keramas menggunakan shampoo anti ketombe biasa setiap hari, namun jika kondisinya sudah agak parah gunakan shampoo atau obat khusus anti ketombe yang mengandung asam salisilat, zinc pyrithione, selenium sulfida dan zat aktif lainnya. Perlu diingat, hindari penggunaan obat atau shampoo ini terlalu sering karena efeknya yang cukup keras, baca aturan pemakaian dan bisa juga diseling dengan shampoo biasa, dan jika ketombe sudah hilang hentikan pemakaian obat ini.

Selain dengan menggunakan shampoo, kita juga bisa menggunakan bahan-bahan yang lain, yang bisa didapat secara alami, berikut ini adalah tips menghilangkan ketombe secara alami:
  • Jeruk lemon, campurkan lemon dengan minyak kelapa lalu pijitkan ke kulit kepala biarkan beberapa jam lalu bilas.
  • Lidah buaya, oleskan bagian dalam lidah buaya yang telah dikupas kulitnya lalu oleskan dan dan pijit-pijit selama 10 menit lalu bilas.
  • Santan kelapa, campurkan santan, nanas yang sudah diblender, perasan jeruk nipis dan air kelapa siramkan ke kepala lalu pijit-pijit lalu keramas lakukan seminggu sekali.
  • Minyak zaitun, campurkan minyak almond dan minyak zaitun lalu oleskan dan pijit-pijit biarkan seperempat jam lalu bersihkan.
  • Baking soda, saat anda keramas campurkan baking soda dengan sampo lalu biarkan beberapa menit lalu bilas.
  • Cuka putih, campurkan air dan cuka lalu siramkan ke kepala anda saat selesai berkeramas dan biarkan beberapa menit lalu bilas bersih.
  • Garam, sebelum anda keramas taburkan sedikit garam ke kepala dalu pijit-pijit dengan lembut setelah selesai keramaslah sampai bersih.

Timbulnya ketombe di kepala itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:
  • Alergi
  • Stres
  • Jamur
  • Kulit Kepala Terlalu Berminyak
  • Psoriasis atau Penyakit Kulit Lain

Semoga Tips Menghilangkan Ketombe Secara Alami ini bisa bermanfaat untuk sobat Gardens Tips semua yang saat ini sedang mengalami gangguan ketombe. Bukankah jika mahkota kita itu indah dipandang mata, akan lebih membuat kita tampil percaya diri?

Yuk, kita berantas ketombe sekarang juga!

Happy Friday... :D


Referensi: sehatalami99

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

6 komentar:

Aurora mengatakan...

wah, kebetulan bgtt nih, rambutku berketombe sob

Yippee Kay Yay mengatakan...

nice tips :)

somoon mengatakan...

Terima kasih perkongsian info sangat bagus. Follow sini

Sains Box mengatakan...

aku jg berketombe nih, kadang kesel jg gak ilang2.. pdhl udh pake shampo

munir ardi blog mengatakan...

Salam kenal balik brother wah masalah ketombe ini paling menjengkelkan apalagi kalau udah tengah hari saat panas

Lirik dan Kunci Gitar JKT48 mengatakan...

kalau saya cukup keramas secara rutin aja, pasti ilang ketombenya

Blognya bagus ini, cuma tatanan Iklan nya aja yang kurang Rapi. :D

Posting Komentar