RSS






Tips Sahur Sehat Puasa Lancar

Advertisement
[Gardens Tips] Tidak terasa ya waktu berjalan begitu cepat, sudah seminggu lebih kita menapaki bulan suci Ramadhan, bagaimana dengan puasa kalian? Belum ada yang bolong kan? Syukurlah, ya semoga saja kita semua diberi kekuatan untuk bisa mencapai hari kemenangan nanti.

Berbicara soal puasa, tentunya tak lepas juga dengan yang namanya sahur. Puasa tanpa sahur rasanya akan membuat tubuh kita menjadi lemas. Oleh karena itu, sahur itu penting. Jika kita menginginkan bisa berpuasa seharian penuh, maka kita harus sahur terlebih dahulu. Namun, perlu diperhatikan juga apa-apa saja yang baik untuk di konsumsi saat sahur dan yang tidak baik dikonsumsi saat sahur. Agar tubuh kita tetap sehat sepanjang bulan puasa ini.


Puasa selama 13-14 jam tiap hari selama satu bulan mengakibatkan cairan dalam tubuh menurun. Cara mengatasinya harus menjaga asupan cairan agar tidak terjadi dehidrasi.

Sayangnya, kita sering lupa memperhatikan konsumsi cairan tubuh. Apalagi bagi yang terbiasa minum kopi dan teh, saat bangun sahur guna mencegah mata mengantuk, minuman jenis itulah yang sering jadi pilihan dibanding memperbanyak minum air putih.

"Normalnya, tubuh membutuhkan kurang lebih dua liter cairan atau sekitar enam hingga delapan gelas air. Kadangkala, saat puasa tak terpenuhi. Ada yang cuma minum segelas saat sahur dan dua gelas saja saat buka. Akibatnya, tubuh menjadi dehidrasi," ujar dr. Fiastuti Witjaksono, SpGK.

Gejala paling ringan ketika mengalami dehidrasi adalah bibir dan lidah kering, lemah, pusing, rasa mual atau kelelahan ekstrim. Selain itu, warna urin menjadi lebih gelap daripada biasanya.


Air putih merupakan cairan paling tepat untuk mengatasi dehidrasi

Fiastuti menyarankan agar kita mengonsumsi tiga gelas air saat sahur dan delapan gelas air saat buka. Tentunya, tidak diminum secara langsung, melainkan bertahap selama malam hari saat tidak berpuasa.

Ia juga mengingatkan agar kita mengindari minuman manis saat sahur. Hal itu untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh. Cairan manis yang dikonsumsi saat sahur bisa mengenyangkan sesaat, tetapi dapat menyebabkan hipoglisemia (kadar gula tubuh menurun secara drastis).

"Daripada minum teh manis saat sahur lebih baik anda meminum susu, karena bisa membuat kenyang lebih lama dari makanan lain. Susu memiliki kadar glikemik yang rendah dan tidak hanya mengandung karbohidrat, tetapi juga mengandung protein dan lemak yang diserap tubuh secara perlahan," jelasnya.

Jika ingin berolahraga, lakukan sebelum buka puasa

Pasalnya, seseorang berpeluang lebih besar kehilangan banyak cairan tubuh ketika berolahraga. Dengan mengatur jadwal olahraga mendekati waktu buka, tubuh akan terhindar dari dehidrasi berlebihan.

"Olahraga setelah berbuka sebaiknya dilakukan. Tak perlu olahraga berat. Cukup dengan berjalan di sekitar komplek atau sekitar halaman rumah. Dengan berjalan, akan ada benturan pada tulang. Hal itu membantu memperkuat tulang Anda," imbuh Fiastuti.

Nah, itulah Tips Sahur Sehat Puasa Lancar, jadi sahabat Gardens Tips, intinya kita diharuskan lebih banyak minum air putih, untuk itu mari kita ambil gelas dan minum air putih sebelum waktu sahur tiba.

Semoga puasa kalian lancar ya...

Happy Weekend... :D



Sumber: apakabardunia

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Unknown mengatakan...

jujur aja aku jarang minum walau puasa juga aku minum suka sedikit :(

Penghuni 60 mengatakan...

alhamdulillah, aku blm bolong... :D
mdh2an kuat ampe akhir,
emang bnr sih, padahal kan aku tuh hobi bgt ama yg namanya kopi, tp entah knp bln puasa ini aku bisa stop ngopi.. hehe.. :)

Apache Kingdom mengatakan...

terima ksh tipsnya, smoga sj puasaku lancar
^_^

Posting Komentar